Minggu, 25 November 2012

Segitiga Bertumpuk - Grafika Komputer

Diposting oleh Unknown di 17.41
Cecerececet!! Kekuatan Scraby!! Ah, apaan banget.. hahaha
 *gag jelas*

Oke coy, kita sekarang mau bikin segitga bertumpuk seperti gambar di atas. Hayo, gampang atau susah? Susah atau gampang?? Galau kan?! Gag usah galau atau sedih apalagi bimbang dan kecewa..

Kita langsung bikin aja.. Tool yang kita butuhkan yaitu kertas, pensil/pulpen, komputer, Dev C++, dan pikiran yang jernih... hihihihi

Pertama kita harus menentukan berapa besaran untuk alas dan tinggi..Nah, di sini, agar terlihat indah dan sedap dipandang mata kita set alas dengan panjang 14 satuan dan 14 satuan juga untuk tingginya (satuan di Dev C++ by the way apa ya coy?)..

Kita gambar di kertas mulai dari 3 segitiga putih yang paling bawah.. Dan lihat gambar dibawah ini agar lebih paham untuk menentukan pembuatan titiknya..


 Gambar Sketsa Segitiga
Dari yang paling atas segitiga A, kemudian bawah kiri B ke kanan C, D
Urutan segitiga paling bawah dari E, F, G, H, I

Dalam pengimplementasian di coding kita gunakan GL_TRIANGLES. Kita gambar (tulis-red) pada coding tersebut untuk menghasilkan segitiga dari yang teratas dulu atau segitiga A. Selanjutnya ke segitiga B, D, E, G, dan I. Mengapa kita harus melompati segitiga C, F, dan H? Itu agar kita dapat menghemat waktu dan pikiran. Selain itu pada intinya agar nantinya tercipta gambar segitiga terbalik tanpa kita harus menaruh titik pada coding (supaya efektif).

   
 glBegin(GL_TRIANGLES);        // Drawing Using Triangles A
    glVertex3f( 41.0f, 52.0f, 0.0f);        // Titik Top
    glVertex3f( 34.0f, 38.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Left
    glVertex3f( 48.0f, 38.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Right
    glEnd();                    // Finished Drawing

glBegin(GL_TRIANGLES);        // Drawing Using Triangles B
    glVertex3f( 34.0f, 38.0f, 0.0f);        // Titik Top
    glVertex3f( 27.0f, 24.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Left
    glVertex3f( 41.0f, 24.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Right
    glEnd();                    // Finished Drawing

//glColor3f(0.2f, 0.2f, 0.2f);

glBegin(GL_TRIANGLES);        // Drawing Using Triangles D
    glVertex3f( 48.0f, 38.0f, 0.0f);        //Titik Top
    glVertex3f( 41.0f, 24.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Left
    glVertex3f( 55.0f, 24.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Right
    glEnd();                    // Finished Drawing

glBegin(GL_TRIANGLES);        // Drawing Using Triangles D
    glVertex3f( 27.0f, 24.0f, 0.0f);        // Titik Top
    glVertex3f( 20.0f, 10.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Left
    glVertex3f( 34.0f, 10.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Right
    glEnd();                    // Finished Drawing

glBegin(GL_TRIANGLES);        // Drawing Using Triangles G
    glVertex3f( 41.0f, 24.0f, 0.0f);        // Titik Top
    glVertex3f( 34.0f, 10.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Left
    glVertex3f( 48.0f, 10.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Right
    glEnd();                    // Finished Drawing
   
glBegin(GL_TRIANGLES);        // Drawing Using Triangles I
    glVertex3f( 55.0f, 24.0f, 0.0f);        // Titik Top
    glVertex3f( 48.0f, 10.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Left
    glVertex3f( 62.0f, 10.0f, 0.0f);        // Titik Bottom Right
    glEnd();                    // Finished Drawing

Nah, itu dia penjelasan singkat dari saya. Selamat menikmati... ^_^

Source code nya bisa di unduh : Download Code

0 komentar:

Posting Komentar

 

KUNIMO Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea